Selasa, 23 Agustus 2011

STUDY KELAYAKAN BISNIS LAPANGAN FUTSAL (NAKAMA FUTSAL ZONE)


BAB I
PENDAHULUAN
Olahraga paling popular di dunia adalah olahraga sepak bola, sepak bola sendiri adalah olahraga yang dimainkan secara tim yang terdiri dari 11 orang pemain dalam satu tim dan memerlukan lapangan yang relative luas untuk memeinkannya. Di Indonesia olahraga sepak bola juga merupakan olahraga yang paling diminati oleh masyarakat Indonesia hal ini terbukti pada saat AFF CUP 2010 lalu digelar animo masyarakat terhadap sepak bola sangatlah tinggi.
Di Indonesia olahraga sepak bola merupakan olahraga yang tergolong mahal jika harus menyewa stadium. Namun belakangan popular olahraga sepak bola dalam ruangan yang tidak kalah menarik dan banyak peminatnya adalah olahraga futsal. Futsal adalah olaraga alternative yang bisa dilakukan orang Indonesia ketika mereka ingin bermain sepak bola.
Futsal adalah olahraga sepak bola di dalam ruangan yang di dalam satu tim terdapat 5 pemain dengan lapangan yang relative kecil dengan ukuran 42x22 meter persegi untuk standart internasinal. Di Indonesia olahraga futsal sangat banyak peminatnya dengan keterbatasan lapangan yang tersedia maka bisnis penyewaan lapangan futsal merupakan peluang bisnis yang sangat menjanjikkan.



BAB II
ASPEK HUKUM
Bentuk pelaksanaan bisnis ini adalah merupakan badan usaha perseorangan karena resiko dari usaha ini relative kecil dan modal investasinya juga mampu 100% dari perseorangan. Legalitas dalam bisnis merupakan hal yang sangat riskan. Dalam urusan legalitas lapangan nakama futsal zone tidak mendapatkan masalah karena nakama futsal zone akan dibangun di jalan raya antara dua kecamatan dan waktu usaha pun tidak akan mengganggu aktivitas warga sekitar karena waktu usaha kami di mulai pukul 06-00 pagi-21.00 malam selain itu juga  penduduk di sekitar tempat usaha masih sangat jarang dan mayoritas dari masyarakat juga penggemar dari olahraga futsal oleh karena itu untuk legalitas dari masyarakat sudah kami dapatkan melalui kepala desa sekitar. Sehingga untuk perizinan selanjutnya kepada pemerintah daerah terkait dengan izin usaha, izin lokasi izin gangguan dan IMB. Untuk perizinan tersebut di daerah lamongan sangatlah dipermudah sehingga masalah legalitas nakama futsal zone telah layak.






BAB III
ASPEK PASAR DAN PEMASARAN
Penyewaan lapangan futsal merupakan bisnis di bidang layanan jasa. Untuk prospek pasar kedepan bisnis lapangan futsal sangat menjanjikan hal ini di karenakan kegemaran masyarakat akan olahraga futsal sangat besar namun dengan keterbatasan area lapangan bisa sangat menghambat terutama di daerah perkotaan, maka dari itu jasa menyedia lapangan futsal sangat menjanjikkan.
Terkait dengan segmentasi pasar dari lapangan futsal sendiri sangatlah luas yaitu meliputi remaja dan dewasa laki-laki yang berusia berkisar antara 15-40 tahun. Namun tidak menutup kemungkinan konsumen akan datang di luar segmen kami misalnya saja saat ini banyak akademi-akademi futsal junior yang berusia di bawa15 tahun.
Persaingan dalam hal lapangan futsal masih relative mudah dan pesaing belumlah banyak. Lapangan futsal di kota besar cenderung lebih banyak dari pada di kota-kota kecil namun keseimbangan antara penawaran dan permintaan masih sangat jauh selisihnya, untuk saat ini permintaan akan lapangan futsal masih lebih besar dari pada penawaran. Jadi untuk aspek pasar dan pemasaran nakama futsal zone adalah layak karena analisis permintaan pasar saat ini masih lebih besar dari pada penawaran.




BAB IV
ASPEK TEKNIK/OPRRASI DAN TEGNOLOGI
Untuk aspek operasional dari nakama futsal zone meliputi pemesanan lapangan yang bisa dilakukan secara manual datang ke nakama futsal zone maupun online di www.nakamafutsalzone.com atau juga melalui hotline di 085755500414. Selain itu adalah perawatan peralatan dan perlengkapan yang meliputi lapangan, gawang, bola, lampu penerangan. Jarring (net) dst. Sedangkan untuk biaya operasional yang telah diuraikan di atas nakama futsal zone memperkirakan adalah 35% dari omset keseluruhan dari nakama futsal zone
BAB V
MANAJEMEN DAN ORGANISASI
Manajemen dan organisasi nakama futsal zone relative sederhana dengan struktur organisasi yang flat dengan seorang general manajer di bantu 1 bagian administrasi yang bertanggung jawab mengenai urusan administrasi dan keuangan perusahaan dan 1 manajer pemasaran yang mengurusi terkait pemasaran dan komunikasi pemasaran nakama futsal zone. Terkait dengan karyawan/pegawai akan dihandle langsung oleh general manajer nakama futsal zone.



BAB VI
ASPEK SOSIAL, EKONOMI, POLITIK DAN BUDAYA
Masarakat Indonesia dikenal sebagai masarakat yang memiliki animo yang sangat tinggi terhadap olahraga khususnya sepakbola dan tidak menutup kemungkinan futsal. Keadaan budaya pekerjaan orang Indonesia juga mendukung untuk lebih sering berolahraga, ambil contoh saja seorang karyawan penjaga toko yang keseharianya dalam pekerjaanya adalah dilakukan dengan posisi duduk. Secara naluri orang tersebut akan mengatakan bahwasanya dia kurang bergerak dan berolahraga sehingga akan miuncul keinginanaya untuk olahraga. Dan di perkotaan tempat/lapangan kosong untuk olahraga sangat sulit ditemukan sehingga banyak dari mereka akan datang ke tempat-tempar penyewaan jasa lapangan. Saat ini lapangan futsal merupaakan jasa penyewaan lapangan yang paling popular.
Politik di Indonesia saat ini sangat carut-marut khususnya dalam bidang induk olahraga sepak bola PSSI yang sampai saat ini belum jelas arah dan titik terangnya. Namun hal tersebut tidak banyak berpengaruh pada animo masarakat terhadap olagraga yang dipermasalahkan tersebut.





BAB VII
ASPEK FINANSIAL
Estimasi modal
Modal awal                                                  Rp 605.000.000
o   Tanah                                                  Rp 350.000.000
o   Kontraktor 1 lapangan                      Rp 250.000.000
o   Lain-lain                                             Rp 5.000.000
TOTAL                                               Rp 605.000.000

Biaya operasional/bulan
  • Listrik                                                              Rp 1.500.000
  • Air                                                                   Rp 800.000
  • Perlengkapan                                                 Rp 500.000
  • Gaji manajer @ 1.500.000                            Rp 4.500.000
  • Gaji karyawan @ 500.000                            Rp 3.000.000
  • Lain-lain                                                         Rp 200.000
TOTAL                                               Rp 10.500.00
Estimasi keuntungan/bulan                         
  • Sewa lapangan/jam Rp 100.000x13 jam = Rp 1.300.000/hari x 30 hari = Rp 39.000.000
  • Biaya operasional                                                                                         Rp 10.500.000
Keuntungan bersih/bulan                                                                    Rp 28.500.000
Untuk mencapai BEP dibutuhkan 605.000.000/28.500.000=22 bulan.












BAB VII
REKOMENDASI
Dilihat dari aspek pemasaran bisnis di bidang jasa lapangan futsal sangat potensial dengan pasar yang luas dan persaingan yang relatif tidak ketat. Untuk permodalan bisnis ini membutuhkan modal yang cukup besar namun juga menjanjikan keuntungan yang sangat menggiurkan. Untuk masalah aspek teknis dan SDM dalam bisnis ini tidak terlalu berpengaruh namun aspek ini pun telah terpenuhi sehingga studi kelayakan bisnis nakama futsal zone adalah layak.

1 komentar:

  1. wew nih makalah bisnis lapangan futsal ya mas tulisanny amksh ya infonya ....tmn ane suruh patokannya di sni tp ndak tau bner pa ndak http://idebinis.org/2013/09/faktor-dan-kebutuhan-penunjang-bisnis-lapangan-futsal/

    BalasHapus